Warisan Islam Nusantara: Tafsir Al-Qur’an Carakan dan Narasi Reformisme

Oleh Siti Mariatul Kiptiyah

Authors

  • Fadhli Lukman UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.32495/nun.v8i1.346

Keywords:

Muhammadiyah, reformisme, tradisionalisme, Qur'an Jawen, Tafsir Qur'an Jawen

Abstract

Warisan Islam Nusantara: Tafsir Al-Qur’an Carakan dan Narasi Reformisme adalah salah satu kontribusi terbaru dalam bidang ini. Buku ini ditulis oleh Siti Mariatul Kiptiyah, alumnus Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Jurusan Interdisciplinary Islamic Studies, konsentrasi Hermeneutika Al-Qur’an. Buku ini berawal dari tesis penulis yang kemudian mendapatkan penghargaan Nusantara Academic Award (NAA) 2019 yang diselenggarakan oleh Nusantara Institute. Dalam pengantarnya, Sumanto Al Qurtuby, direktur Nusantara Institute, menulis bahwa NAA diadakan sebagai pendorong peneliti-peneliti junior untuk melakukan penelitian serius atas khazanah luhur warisan para leluhur bangsa. Setelah melewati seleksi yang ketat, tesis Siti Mariatul Kiptiyah ini diputuskan untuk mendapatkan penghargaan, dan kemudian diterbitkan oleh eLSA Press pada Maret 2020.

References

Kiptiyah, Siti Mariatul, Warisan Islam Nusantara: Tafsir Al-Qur’an Carakan dan Narasi Reformisme (Semarang: eLSA Press, 2020)

Downloads

Published

23-06-2022

How to Cite

Lukman, F. (2022). Warisan Islam Nusantara: Tafsir Al-Qur’an Carakan dan Narasi Reformisme : Oleh Siti Mariatul Kiptiyah. Nun: Jurnal Studi Alquran Dan Tafsir Di Nusantara, 8(1), 113–119. https://doi.org/10.32495/nun.v8i1.346

Issue

Section

Book Review