Studi Tafsir Nusantara: Kajian Kitab Tafsir AG. H. ABD. Muin Yusuf (Tafsere Akorang Ma’basa Ugi) (tpeeser akor mbs agui)

Authors

  • Neny Muthi’atul Awwaliyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Idham Hamid UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.32495/nun.v4i2.71

Abstract

Kitab tafsir (Tafsere Akorang Ma’basa Ugi) merupakan kitab tafsir generasi kedua yang sebelumnya telah dipelopori oleh AG. Daud Ismail dengan kitab tafsirnya al-Munir. Karya ini merupakan kitab tafsir edisi kedua yang mampu melengkapi 30 juz  dengan jumlah 11 jilid. Sedangkan bahasa yang digunakan ketika menafsirkan ayat al-Qur’an adalah huruf aksara Lontara’ Bugis yang merupakan bahasa Ibu dari suku Bugis-Makassar yang terdapat di wilayah Sulawesi Selatan. Umumnya metode yang digunakan dalam tafsir ini menggunakan metode tahlili. Kendati demikian, rasa ijmali juga menghiasi dalam sistematika pembahasan ayat. Pada awalnya, tafsir ini lahir dari proyek Muin Yusuf yang ketika itu menjabat sebagai ketua MUI Selawesi Selatan. Tafsir ini kemudian hadir di tengah-tengah masyarakat Bugis, sebagai alat komunikasi masyarakat awam sehingga mampu memahami kandungan al-Qur’an melalui penafsiran ayat al-Qur’an dengan aksara lontara Bugis sekaligus sebagai cerminan upaya vernakularisasi al-Qur’an dan bahasa Ibu.  

References

Abd Kadir M, Persepsi Masyarakat terhadap Karya Tafsir Berbasis Lokal; Studi atas Tafsir al - Muin Karya KH . Abd Muin Yusuf , (Desertasi) PPs Alauddin Makassar, 2011. Ahmad, Abd. Kadir. Ulama Bugis (Cet. I; Makassar: Indobis Publishing, 2008).

Ar-Raffany, Wahidin. AG. H. Abd. Muin Yusuf; Ulama Kharismatik dari Sidenreng Rappang , (Cet.I; Sidrap: Lakpesdam Sidrap, 2008).

Departemen Agama RI, al-Qur’an dan Terjemahnya (al-Madinah al-Munawwarah: Mujamma’ al-Malik Fahd li al-Tiba‘at al-Mushaf, 1418 H).

Haq, Hamka. Epilog; Kenangan dengan AG. H. Abd. Muin Yusuf dalam Wahidin Ar-Raffany, AG. H. Abd. Muin Yusuf; Ulama Kharismatik dari Sidenreng Rappang , (Cet.I; Sidrap: Lakpesdam Sidrap, 2008).

Hasrun, Muhammad dan Sitti Khadijah. Abdul Muin Yusuf; Ulama Pejuang dari Sidenreng dalam Waspada Santing (ed), Ulama Perintis ; Biografi M ini Ulama Sulsel (Cet. I; Makassar, Pustaka al-Zikra, 2010).

Hijazi, Muhammad Mahmud. Al-Tafsir al - Wadih, Jilid I (Cet. X; Zaqaziq: Dar alTafsir li al-Taba’ wa al-Nasyr, 1992),

Imroni, Mohammad Arja. Konstruksi Metodologi Tafsir al-Qurthubi (Cet.I: Semarang: Walisongo Press, 2010).

Mahmud, Muni’ Abdul Halim. Manahij al - Mufassirin (Cet. I; Kairo: Dar al-Kitab al-Misri, 1978)

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Selatan, Tafsir al - Qur’an al -Karim (Tafsere Akorang Ma’basa Ogi), Jilid I, II, XI (Ujungpandang: MUI Sulsel, 1988).

Al-Nazili, Al-Sayyid Muhammad Haqqi. Khazinah al - Asrar (Cet. II; Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyah, 2002).

Rohimin, Metodologi Ilmu Tafsir dan Aplikasi Model Penafsiran (Cet. I; Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007).

Wahid S, Abd. Selamatkan Generasi Muda (In Memoriam KH. Abd. Muin Yusuf) , Harian Fajar, Sabtu 26 Juni 2004.

Yusuf, Muhammad. Perkembangan Tafsir di Sulawesi Selatan ( Studi Kritis Terhadap Tafsere Akorong Mabbasa Ogi Karya Majlis Ulama Sulawesi Selatan) , Desertasi, PPs Alauddin Makassar, 2010.

Downloads

Published

09-09-2019

How to Cite

Awwaliyah, N. M., & Hamid, I. (2019). Studi Tafsir Nusantara: Kajian Kitab Tafsir AG. H. ABD. Muin Yusuf (Tafsere Akorang Ma’basa Ugi) (tpeeser akor mbs agui). Nun: Jurnal Studi Alquran Dan Tafsir Di Nusantara, 4(2), 138–154. https://doi.org/10.32495/nun.v4i2.71

Issue

Section

Articles