Kontroversi Islam Revisionis : David S. Powers, Zayd Ibn H}a>rithah dan Tertutupnya Pintu Kenabian

Authors

  • Mu’ammar Zayn Qadafy Albert-Ludwig Universitat, Freiburg, Jerman

DOI:

https://doi.org/10.32495/nun.v4i1.36

Keywords:

Islam Revisionis, David S. Powers, Kha>tam al-Nabiyyi>n

Abstract

Artikel ini mendeskripsikan kontroversi buku David S. Powers yang berjudul “Muhammad is Not the Father of Any of Your Men: The Making of The Last Prophet”, salah satu masterpiece dari seorang akademisi yang ingin merevisi sejarah Islam dari versi yang biasa dipahami umat Islam. Buku ini juga menjadi salah satu karya revisionis yang mendapatkan paling banyak atensi berupa pujian sekaligus kritik. Review-review atas buku Powers tersebut juga dijadikan referensi utama dalam artikel ini.
Dengan menguraikan dasar argumentasi Power beserta tanggapan para pemerhati sejarah Islam awal, artikel ini ingin menunjukkan bahwa dalam asumsinya yang paling mendasar sekalipun, karya Powers -dan karya revisionis lain- memiliki kelemahan metodologis: (1) asumsi dasar Powers tentang “genealogi kenabian” dan “doktrin tertutupnya pintu kenabian dalam Islam” muncul dari keyakinannya tentang adanya pola khas yang sama di antara agama-agama samawi. Usahanya untuk menemukan pola khas ini menjadikan Power apatis terhadap reliabilitas sumber Islam tradisional dan secara membabi buta menganggap semuanya fiksi dan fabula; (2) Percobaan intertekstualisasi yang dilakukan Powers terlalu absurd dan tidak apple to apple karena menggunakan dokumen sejarah di millennium kedua sebelum masehi untuk membaca sejarah di abad ke-7 Masehi; (3) rekonstruksi kodikologis Powers terhadap kata kallah vis a vis kala>lah gagal menjelaskan logika kebahasaan di balik amnesia leksikografik massal terhadap kata pertama dan muncul dengan tiba-tibanya kata kedua. Powers juga mengenyampingkan temuan lain bahwa kata kala>lah sudah dipakai sejak zaman Pra-Islam dan bahwa perbaikan manuskrip al-Qur’an yang ia temukan semata-mata hanyalah sejenis haplografi saja.

References

Amir-Moezzi, Mohammad Ali, Etan Kohlberg, Ḥasan Anṣārī, and Eric Ormsby. The Silent Qurʼan & the Speaking Qurʼan: Scriptural Sources of Islam between History and Fervor. New York: Columbia University Press, 2016.

Crone, Patricia, and Michael Cook. Hagarism: The Making of Islamic World. Cambridge: Cambridge University Press, 1977.

Evstatiev, Simeon. “On The Perception of the Kha>tam Al-Nabiyyi>n, Doctrine in Arabic Historical Thought: Confirmation or Finality.” In Studies in Arabic and Islam (Proceedings of the 19th Congress, Union Europeenne Des Arabisants et Islamisants, Halle, 1998), 455–67. Leuven: UITGEVERIJ PEETERS, 2002.

Firestone, Reuven. “Review on Muhammad Is Not The Father of Any of Your Men.” International Journal of Middle East Studies 44, no. 1 (2012): 179–81.

Friedmann, Yohanan. “Finality of Prophethood in Sunni Islam.” Jerusalem Studies in Arabic and Islam 7 (1986): 177–215.

———. Prophecy Continues: Aspects of Ahmadi Religions Thought and Its Medieval Background. Berkeley: University of California Press, 1989.

Halevi, Leor. “Review on Muhammad Is Not The Father of Any of Your Men: The Making of The Last Prophet.” The American Historical Review 116, no. 1 (2011): 246–47.

Hawting, G.R. “Review on Muhammad Is Not The Father of Any of Your Men: The Making of The Last Prophet.” Brill, Islamic Law and Society 18, no. 1 (2011): 116–19.

Ibn Sulaima>n, Muqa>til. Tafsi>r Muqa>til Ibn Sulaima>n. Edited by ’Abdulla>h Mah}mu>d Shah}h}a>tah. Vol. 3. 5 vols. al-Hay’ah al-Mis}riyyah al-’A>mmah, 1979.

Ja>biri>, Muḥammad ʿĀbid al-. Fahm al-Qurʾān al-ḥakīm: at-tafsīr al-wāḍiḥ ḥasab tartīb an-nuzūl. Qism 3: [...]. Ṭabʿa 1. Bairūt: Markaz Dirāsāt al-Waḥda al-ʿArabīya, 2009.

Madelung, Wilfred. “Review on Muhammad Is Not the Father of Any of Your Men: The Making of The Last Prophet (Divinations: Rereading Late Ancient Religion).” The University of Chicao Press on Behalf of The Medieval Academy of America 85, no. 3 (2010): 727–29.

Noldeke, Theodor, Friedrich Schwally, Bergsträsser, and O. Pretzl. The History of The Qur’an. Translated by Wolfgang Behn. Leiden, 2013.

Powers, David Stephan. Muḥammad Is Not the Father of Any of Your Men: The Making of the Last Prophet. Divinations. Philadelphia: University of Pennsylvania Press, 2009.

Robinson, Chase F. “Review on Muhammad Is Not The Father of Any of Your Men: The Making of The Last Prophet: Divinations: Rereading Late Antiquity Religion by David Powers.” Journal of the American Oriental Society 131, no. 1 (2011): 171–73.

Saleh, Walid A. “Review Article: Muḥammad Is Not the Father of Any of Your Men: The Making of the Last Prophet, by David S. Powers. University of Pennsylvania Press, 2009. 376 Pp., 7 Illus. Hb $55.00/£36.00. ISBN-13: 9780812241785.” Comparative Islamic Studies 6, no. 6.1-6.2 (December 29, 2011). https://doi.org/10.1558/cis.v6i1-2.251.

Sirry, Mun’im. Kemunculan Islam Dalam Kesarjanan Revisionis. Yogyakarta: Suka Press, 2017.

———. Kontroversi Islam Awal: Antara Madhhab Tradisionalis dan Revisionis. Bandung: Mizan, 2015.

Varisco, Daniel Martin. “Review on Muhamad Is Not a Father of Any of Your Men: The Making on The Last Prophet.” Middle East Studies Association of North America (MESA) 44, no. 1 (2010): 117–18.

Wansbrough, John. Qur’anic Studies: Sources and Methods of Scriptural Interpretation. Oxford: Oxford University Press, 1977.

———. The Sectarian Milieu: Content and Composition of Islamic Salvation History. Oxford: Oxford University Press, 1978.

Downloads

Published

04-05-2019

How to Cite

Qadafy, M. Z. (2019). Kontroversi Islam Revisionis : David S. Powers, Zayd Ibn H}a>rithah dan Tertutupnya Pintu Kenabian. Nun: Jurnal Studi Alquran Dan Tafsir Di Nusantara, 4(1), 45–81. https://doi.org/10.32495/nun.v4i1.36

Issue

Section

Articles