Resepsi Estetik Terhadap Alquran pada Lukisan Kaligrafi Syaiful Adnan
DOI:
https://doi.org/10.32459/nun.v3i1.14Keywords:
Syaiful Adnan, Resepsi Alquran, Lukisan Kaligrafi.Abstract
Artikel ini menjelaskan hasil sebuah penelitian dalam bidangresepsi Alquran. Menyingkap dan mengungkapkan bagaimana
teks Alqurán diterima dan direspon oleh seorang seniman lukis
Muslim yang bernama Syaiful Adnan. Syaiful Adnan menekuni
dunia seni lukis dengan menempatkan kaligrafi Alquran sebagai
tema sentral dalam lukisannya. Ayat Alquran merupakan sumber
inspirasi artistik sekaligus estetis bagi Syaiful Adnan untuk
melahirkan karya-karya masterpiece-nya.Teks Alquran sendiri
menawarkan sebuah ruang interpretasi yang dialogis kepada
pembaca. Interaksi antara keduanya merupakan proses reproduksi
makna di mana dalam proses ini subjektifitas pembaca sangat
mempengaruhi proses pembacaan, meski tetap tidak dapat lepas
seutuhnya dari struktur teks yang telah disusun sedemikian rupa
untuk mengantarkan pemahaman pembaca. Makna (meaning)
teks yang diterima Syaiful Adnan dilokalisir dalam benak dan
dikonkretisasikan berdasarkan aspek estetis yang dialaminya
kemudian diaktualisasikan dalam bentuk karya lukisan
kaligrafi Alquran.Secara praktis Syaiful Adnan menemui proses
aktualisasinya terjadi secara internal dan eksternal.
References
Adnan, Syaiful. “Syaiful Adnan dan Karyanya dengan Ornamentik Islam mencari Nilai-nilai Baru” dalam Majalah Kiblat.No. 12. Jakarta, 1979
AP, Nyoman. “Syaiful Adnan Pemahaman Kaligrafi Sering Salah Kaprah” dalam Majalah Kebudayaan Citra Jogja.No. 15. Yogyakarta, 1990
Aziz, Mohammad Zulkarnain. “Orientasi Keagamaan Seniman Kaligrafi Lukis Muslim Yogyakarta dan Implikasinya terhadap Perilaku Keagamaan dan Karya-Karya Religiusnya”. Skripsi Fakultas Ushuluddin Studi Agama dan Pemikiran Islam UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, 2012
Baidowi, Ahmad. “Resepsi Estetis terhadap Al-Qur’an”.Esensia.vol.8, no.1.Yogyakarta : Januari 2007
Bukhari, Abu Abdullah Muhammad bin Ismail al-.Shahih al-Bukhari.Terj. Muhammad Iqbal. Jakarta: Pustaka as-Sunnah, 2010
Desmiarti.“Syaiful Adnan dengan Hasil Karyanya Fisiko dan Ideo Plastis dalam Seni Lukis Kaligrafi Islam” dalam Harian Haluan. Padang, April 1985
Endrizal. “Seni Lukis Kaligrafi Islami Karya Yetmon Amier”. Skripsi Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni IKIP Yogyakarta, Yogyakarta, 2000
Ereste, Jacob. “ Syaiful Adnan: Melukis Kaligrafi Untuk Kepuasan Rohani” dalam Berita Nasional. 28 Februari 1989
Faruqi , Ismail Raji’ al-. Seni Tauhid Esensi dan Ekspresi Estetika Islam.Terj. Hartono Hadikusumo. Yogyakarta: Yayasan Bentang Budaya, 1999
________ dan Lois Lamya al-Faruqi. Atlas Budaya Islam Menjelajah Khazanah Peradaban Gemilang.Terj. Ilyas Hasan. Cet. IV. Bandung: Mizan,2003
Firmansyah, Arif. “Kaligrafi Kontemporer Mazhab Syaifulli” dalam Koran Tempo. Jakarta, 15 September 2003
Hamka.Islam dan Adat Minangkabau.Jakarta : Pustaka Panjimas, 1985
_________Tafsir Al-Azhar.Jilid.1.cet.vii.Singapura : Pustaka Nasional, 2007
Indra, Musthofa. “Syaiful Adnan Kaligrafi Memberi Kepuasan Rohani Total” dalam Harian MASA KINI, Yogyakarta edisi 26 Mei 1987
Isser, Wolfgang. The Act of Reading A Theory of Aesthetic Response. London: The Johns Hopkins Press, 1987
Israr, C. Dari Teks Klasik Sampai ke Kaligrafi Arab.Jakarta: Yayasan MASAGUNG, 1985
Jauss, Hans Robert. Toward an Aesthetic of Receiption.Terj. Timothy Bahti. Minneapollis: University of Minnesota Press, 1983
Jazairi, Abu Bakar Jabir al-.Tafsir Al-Qur’an Al-Aisar.Terj. Fityan Amaliy. Jilid.vii. Jakarta: Darus Sunnah, 2009
Kartika, DharsonoSony. Seni Rupa Modern. Bandung: Rekayasa Sains, 2004
Khaldun, Al-Allamah Abdurrahman bin Muhammad bin. Mukaddimah ibnu Khaldun.Terj.Masturi Irham dkk. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2011
Khoiri, Ilham. Al-Qur’an dan Kaligrafi Arab Peran Kitab Suci dalam Transformasi Budaya.Jakarta: Logos, 1999
Muharyadi.“Karyanya Dikoleksi Sejumlah Kepala Negara” dalam Padang Ekspres. 15 Desember 2012
Murbawono, Syafarudin dan Bodro Saworo.“Syaiful Adnan Melukis Ayat Mengungkap Hakikat”, Majalah Pelajar Kuntum, No.162, Mei 1998
Muzakki, Akhmad. Stilistika Al-Qur’an Gaya Bahasa Al-Qur’an dalam Konteks Komunikasi.Malang : UIN-Malang Press, 2009
Naisaburi, Abu Husain Muslim bin al-Hajjaj al-Qusyairi al-. Shahih Muslim.Tahqiq : Muhammad Fuad Abdul Baqi. Terj. Rohimi Ghufron. Jilid.4. Jakarta: Pustaka as-Sunnah, 2010
Nasr, Seyyed Hossein. Islamic Art and Spirituality. Lahore: Suhail Academy, 1997
________ Spiritualitas dan Seni Islam.Bandung.terj. Sutejo.Bandung : Mizan, 1993
Nasrullah.“Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Kaligrafi Kontemporer Karya Syaiful Adnan”. Skripsi Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, 2005
Nelson, Kristina. The Art of Reciting The Qur’an. Kairo: The American University of Cairo Press, 2001
NH, Edy.“Syaiful Adnan; Mencari Ketenangan Lewat Kaligrafi” dalam Harian Terbit. Jakarta, 22 Februari 1990
Nugroho, Joko. “Syaiful Adnan Ingin Bangkitkan Seni Kaligrafi” dalam Harian Jogja. Yogyakarta, 14 September 2010
Nurhadi, Sugiyono. “Konsep Penciptaan Seni Lukis Kaligrafi Karya Syaifu Adnan”. Skripsi Fakultas Pendidikan Seni dan Bahasa IKIP Yogyakarta, Yogyakarta, 1995
Qalyubi, Syihabuddin. Stilistika Al-Qur’an Pengantar Orientasi Studi Al-Qur’an. Yogyakarta: Titian Ilahi Press, 1997
Qurthubi, Imam al-.Tafsir Al-Qurthubi.Terj. Fathurrahman Abdul Hamid, dkk. Jilid.ke-14. Jakarta: Pustaka Azzam, 2009
Rasmussen, Anne K. Women The Recited Qur’an and Islamic Music in Indonesia. Barkeley: University of California Press, 2010
Ridha, Muhammad Rasyid. Tafsir Al-Qur’an al-Hakim al-Masyhur Bitafsir al-Manar. Jilid.1. Beirut: Darul Kutub al-Ilmiah, 2005
Robinson, Francis. Atlas of The Islamic World .Oxford : Phaidon, 1987
Safadi, Yasin Hamid. Islamic Calligraphy.New York : Thames and Hudson, 1987
Sangpoerwaning.“Syaiful Adnan, Karya-Karya Kaligrafinya dikoleksi Berbagai Kalangan”. Kedaulatan Rakyat, 22 Oktober 1989
Setiawan, M. Nur Kholis. Al-Qur’an Kitab Sastra Terbesar. Cet.II.Yogyakarta: eLSAQ Press, 2006
Shiddieqy, TM. Hasbi ash-.Sejarah dan Pengantar Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir. Cet.III. Semarang: Pustaka Rizki Putra, 2010
Shihab, M. Quraish. Tafsir Al-Misbah Pesan, Kesan dan Keserasian AL-Qur’an. Cet.III. vol. I. Ciputat : Lentera Hati, 2005
_________ Tafsir Al-Misbah Pesan Kesan dan Keserasian Al-Qur’an. Cet. Iv, jilid. Ke-14. Ciputat: Lentera Hati, 2011
Sirojuddin, Didin. Seni Kaligrafi Islam.Jakarta: Pustaka Panji Emas, 1985
_________“Dicari Fatwa untuk Kaligrafi; Jawaban untuk Syaiful Adnan” dalam Panji Masyarakat.No. 457. Jakarta, Januari 1985
Situmorang, Oloan. Seni Rupa Islam Pertumbuhan dan Perkembanganya.Bandung : Angkasa, 1993
Soedarsono.Tinjauan Seni. Yogyakarta: Saku Dayar Sana Yogyakarta, 1990
Soehada, Moh. Metode Penelitian Sosial Kualitatif untuk Studi Agama.Yogyakarta : Suka Press, 2012
Suryadilaga, M. Alfatih., dkk. Pedoman Penulisan Proposal dan Skripsi.Yogyakarta : Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Sunan kalijaga, 2013
Sutrisno.“Kaligrafi Kontemporer: Studi Perkembangan Seni Lukis Kaligrafi di Yogyakarta 1976-2000”. Skripsi Fakultas Adab IAIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, 2004
Suudi, Achmad. “Konsep Kaligrafi Islami Amri Yahya dalam Seni lukis Batik”.Skripsi Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni IKIP Yogyakarta, Yogyakarta, 1995
Suyuthi, ash-.al-Itqan fi Ulumil Qur’an Studi Al-Qur’an Komprehensif .terj. Tim Indiva. Surakarta: Indiva, 2008.
Syaikh, Abdullah bin Muhammad bin Abdurrahman bin Ishaq Alu. Tafsir Ibnu Katsir. Terj. M. Abdul Ghofur EM. Jilid.I, cet. Ke-2. Jakarta: Pustaka Imam asy-Syafi’i, 2009
Tabrani, Abu Qasim Sulaiman bin Ahad at-. ‘Mu’jam al-Ausath’.Bab al-mimu min ismihi Muhammad, juz 13, halm.27 , no. 5949 dalam CD Maktabah Syamilah
Tirmidzi, Imam. Sunan at-Tirmidzi.Terj. Moh Zuhri. Jilid.iv. Semarang: Asy-Syifa, 1992
Wiyanto, Hendro. “Syaiful Adnan, Mencari Nilai-nilai Baru Seni Lukis Islam Bercap Indonesia”. Minggu Pagi Yogyakarta, XVI, 20 Juli 1980
Yahya, Amri. “Islamic Calligraphy in Batik Medium Contemporary of the Indoensian Islamic Fine Art”.Al-Jami’ah.Vol. 39 No. 2 edisi Juli-Desember 2001